Agar kompor Gas Beraksi Prima

Meracik bahan makanan bisa saja menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang. Akan tetapi, akan kah kegiatan tersebut akan tetap menyenangkan jika dapur andalan anda berubah menjadi ruang yang kotor dan berantakan? selain tmemberikan ketidaknyamanan, kebersihan makanan pun menjadi tidak terjamin karena banyak kotoran, terutama yang melekat pada kompor gas.

Kondisi kompor yang kotor umumnya disebebkan cipratan minyak yang terus menerus dibiarkan menempel. Bahkan ada pula akibat bahan makanan yang terjatuh di sisi pinggir kompor hingga mengering dan berkerak. sebelum kondisi kompor semakin tak keruan dan menjadi sarang kuman, Perhatikanlah hal-hal berikut ini niscaya kompor tampil tanpa bau amis.

Pembersih body kompor dapat menggungkan kain basah dan sabun, Kemudian dikeringkan dangan kain. Anda juga bisa menggunkan spons halus yang telah di beri sabun, Peras-peras hingga berbusa. kemudian peras hingga air habis dan hanya menyisakan busa. usapkan spons pada seluruh permukaan kompor dan gosok hingga bersih. Gunakanlah lap kering atau kanebo untuk mengangkat busa tersebut.

Apabila kompor anda memiliki bagian panggangan, bersihkanlah dengan spons dan air sabun agar tidak merusak bagian pelapis. Tak ada salahnya anda membiasakan diri untuk membersihkan dudukan pelat bagian atas setiap selesai memasak menggunakan kain basah.

Alat pembersih yang bisa dimanfaatkan sikat plastik agar dapat menjangkau cela-cela kecilĀ  pada bodi kompor. Berhati-hatilah jika anda kerap memasak masakan yang mengandung santan. noda yang berasal dari olahan tersebut sebaiknya di bersihkan segerakarena dapat menyebabkan korosi pada bodi kompor gas.

Selain bodi dan bagian panggangan, bersihkanlah bagian pada tempat keluarnya api (burner dan kuningan). caranya tidaklah begitu sulit. Hilangkan kotoran yang menyumbat lubang-lubang kecil dengan menggunkan sikat gigi atau kawat agar pijar api merata dan berwarna biru sehingga mengasilkan panas optimal. untuk mengetahui kompor yang kotor dan tersumbat, anda dapat melihat sedikit sedikitnya asap yang keluar dan pijar api berwarna merah. Pastikanlah bersihkan kompor dilakukan secara rutin agar kegiatan masak-memasak tanpa menyenangkan dan bebas dari kuman.

 

This entry was posted in ilmu Pengetahuan and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>